Setting Agar Motor Matic Lebih Bertenaga Stabil Gesit dan Lincah

Setting Motor Matic Lebih Bertenaga Gesit dan Lincah

Ingin setting atau setelan motor matic anda menjadi lebih bertenaga handling stabil larinya kencang gesit dan manuvernya lincah sudah pasti memerlukan beberapa tindakan yang harus dilakukan.

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya performa motor matic akan menurun seiring dengan usia pemakaiannya. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa membuat kinerja skutik anda tetap prima.

Setel motor matic supaya lebih optimal dan meningkatkan performa

Untuk mencapai setting motor matic yang maksimal, minimal adalah lebih betenaga, gesit, stabil dan lincah namun tetap sesuai untuk penggunaan harian dalam arti bukan untuk kompetisi (race), maka persiapkan langkahnya sebagai berikut.

Setting pada bagian box CVT

Untuk meningkatkan performa motor matic, komponen pada bagian box CVT sangat berperan besar khususnya V-Belt, roller dan kopling sentrifugal.

Pada kondisi standart, ketiga komponen tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni. Namun jika anda ingin lebih greget dan motor lebih tahan untuk diajak berakselerasi, maka bisa menggantinya dengan part semi kompetisi.

Hargany memang sedikit lebih mahal, namun jangan diragukan lagi kalau nantinya akan memiliki tarikan yang semakin garang.

Setelan pada bagian mesin

Kurang simbang rasanya jika pada bagian mesin juga tidak mendapatkan sentuhan sedikit saja agar tenaga yang dihasilkan memiliki peningkatan.

Tidak perlu melakukan tune-up yang terlalu ekstrim karena ini ditujukan untuk pemakaian harian yang mana efisiensi harus tetap diutamakan khususnya pada konsumsi bahan bakar.

Cukup hanya dengan mengganti busi dengan type iridium, kemudian pastikan selalu menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terbaik agar motor matic lebih bertenaga.

Setelan bagian bodi motor

Tidak komplit rasanya jika hanya pada bagian dapur pacu saja yang dilakukan setting, namun untuk menunjang power yang sudah menigkat maka bodi juga harus dilakukan ubahan diantaranya:

  • Tapak ban lebar. Menggati ban dengan tapak lebih lebar dari ukuran standart akan membuat handling motor semakin stabil.
  • Maksimal adalah dengan menaikkan ukuran ban satu tingkat saja dan tidak terlalu besar dari satandar 70/80 menjadi 80/80 untuk ban depan. Begitu juga menambah satu tingkat ukuran untuk yang belakang.
  • Suspensi. Untuk bagian shockbreaker, dari bawaan motor sebenarya udah cukup mumpuni, namun jika ingin performa lebih baik bisa diganti dengan produk aftermarket semi kompetisi.

Setelah performa motor matic anda meningkat, tentunya akan mempengaruhi kebiasaan berkendara yang menjadi lebih agak kencang.

Untuk itu, kinerja perangkat penghenti laju alias pengereman juga perlu diperbaiki dengan mengganti komponen semi racing atau hanya dengan mengganti cakramnya saja lebih lebar agar daya cengkeram semakin ringan.

Selanjutnya bisa anda simak artikel menarik tentang cara mengatasi rem motor berisik dan berdecit serta ulasan mengenai tips memilih oli terbaik untuk motor matic.

Artikel Lainnya

Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya de...
Memeriksa Tanda Kerusakan V-Belt dan Masalah Motor Matic Bergetar Tanda V-belt rusak dan masalah keluhan motor matic menjadi bergetar memang sangat erat kaitannya sehingga perlu segara mendapatkan tindakan agar tidak...
Mengatasi Masalah Ban Belakang Motor Goyang Saat Mengerem dan Di Tikungan Pernah mengalami ban motor anda terasa goyang khususnya roda bagian belakang saat mengerem dan di tikungan, dan apa yang menjadi penyebab serta bagaim...
Motor Matic Loyo di Tanjakan: Tidak Bertenaga Saat Menanjak, Ini Penyebabnya Masalah dan penyebab pada motor matic yang tidak bertenaga saat menanjak atau loyo ditanjakan kerapkali menjadi persoalan umum bagi kendaraan skutik y...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *