Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah

Mengatasi rem motor bunyi berisik berdecit

Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya dengan tindakan yang tepat.

Kondisi seperti ini memang cukup membuat kita tidak nyaman bahkan juga sangat mengganggu pengendara lain apabila mendengar suara berisik ketika anda mengerem entah pada roda depan atau belakang.

Sumber masalah rem motor menimbulkan bunyi berisik dan berdecit

Persoalan ini dapat terjadi pada perangkat pengereman model cakram ataupun tromol (drum). Namun untuk prosentasenya, type tromol cenderung lebih sering mengalaminya.

Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan bunyi berisik pada rem, simak ulasan berikut ini hingga tuntas mengenai 3 sumber masalah dan cara penanganannya.

Kotoran menempel atau terselip

Merupakan sumber maslah utama kenapa perangkat rem bisa menimbulkan bunyi berisik yang cukup mengganggu.

Kotoran yang terselip atau menempel biasanya dipicu oleh faktor lingkungan yang tidak bersih seperti berdebu, berlumpur dan basah.

Kemudian apabila sudah mengering serta mengakibatkan kerak, maka kampas rem menjadi tidak bisa menempel secara maksimal pada sisi cakram maupun tromol.

Akibatnya proses pengereman menjadi licin dan tergelincir, dan inilah yang menyebabkan terjadinya suara berisik atau berdecit.

Cara mengatasinya hanya dengan membersihkan dan memastikan bahwa permukaan kampas rem dibuat kasar menggunakan amplas serta permukaan cakram dan tromol juga bebas dari kerak yang menempel.

Cara perawatan rutin adalah jangan pernah membiarkan kotor terlalu lama seperti ketika sehabis kehujanan, maka lebih baik segera disiram dengan menggunakan air bersih supaya tidak terjadi kotoran yang mengendap.

Tanda kampas rem aus atau rusak

Sumber masalah berikutnya adalah tanda bahwa kondisi kampas rem telah menipis dan rusak yang juga dapat menimbulkan bunyi berisik.

Lebih bahaya jika permukaan kampas rem benar benar habis sehingga menyisakan plat besi yang menggores pada permukaan tromol atau cakram sehingga material logam dengan logam bersinggungan ketika pengereman.

Pada kondisi ini selain menyebabkan daya cengkeram rem hilang, tentunya juga sangat tidak nyaman karena biasanya tuas atau handel rem juga terlalu dalam.

Untuk model rem cakram, apabila sampai terjadi masalah kampas rem habis, maka akan sangat beresiko pada perangkat kalipernya.

Selain bunyi bersik, gesekan material logam dapat memicu timbulnya panas sehingga dapat merusak seal piston kliper rem cakram.

Untuk itu diharapkan selalu memperhatikan batas aman ketebalan kampas rem supaya dilakukan penggantian sebelum benar benar menipiss tau habis.

Kondisi cacat atau rusak pada cakram

Khusus pada model rem cakram, meskipun secara kasat mata piringan masih tampak utuh atau bulat sempurna, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kehilangan senter beberapa millimeter saja akan menimbulkan masalah fatal pada sistem pengereman.

Menimbulkan suara berisik dan berdecit sudah pasti, namun yang lebih bahaya adalah getaran ketika sedang melakukan pengereman akan sangat terasa ketika struktur cakram sudah tidak presisi.

Penyebab cakram menjadi cacat, oleng atau tidak senter bisa dipicu oleh akibat benturan, panas berlebihan bahkan karena sudah menipis karena usia pakai yang panjang.

Hal ini dapat diperhatikan dari kondisi habisnya kampas rem kadang tampak tidak rata, namun lebih mudah menganalisanya ketika saat motor berjalan kemudian melakukan pengereman pasti akan timbul hentakan dan getaran seperti roda yang bergelombang.

Cara mengatasi masalah piringan rem cakram tidak senter hanya dapat dilakukan oleh tukang bubut logam apabila fisiknya masih memungkinkan dan tidak terjadi kerusakan fatal.

Baca juga tips menarik tentang cara mengatasi masalah motor matic bergetar serta artikel lainnya tentang kelebihan dan kekurangan motor sistem injeksi.

Artikel Lainnya

6 Analisa Penyebab dan Cara Atasi Suara Berisik di Mesin Yamaha NMAX Yamaha NMAX berisik, klotok klotok pada mesin apa penyebab dan cara mengatasi persoalan ini ada 6 hal yang penting untuk diperhatikan. Penjualan mo...
Motor Matic Loyo di Tanjakan: Tidak Bertenaga Saat Menanjak, Ini Penyebabnya Masalah dan penyebab pada motor matic yang tidak bertenaga saat menanjak atau loyo ditanjakan kerapkali menjadi persoalan umum bagi kendaraan skutik y...
Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar Sesuai Prosedur Perawatan Berkala Bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat pada motor bermesin matic dengan teknologi injeksi? Menurut prosedur standart pabrikan tentang merawat s...
Setting Agar Motor Matic Lebih Bertenaga Stabil Gesit dan Lincah Ingin setting atau setelan motor matic anda menjadi lebih bertenaga handling stabil larinya kencang gesit dan manuvernya lincah sudah pasti memerlukan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *