Mengatasi Rem Cakram Motor Kurang Pakem Dan Terasa Ngempos

Masalah Rem Cakram Ngempos Tidak Pakem

Penyebab rem cakram pada motor tidak bisa pakem dan terasa ngempos tentunya harus segera diatasi karena hal ini cukup berbahaya jika dibiarkan berlarut dan cukup beresiko.

kondisi rem cakram yang kurang pakem membuat fungsi komponen penghenti laju ini tidak akan berfungsi secara maksimal apalagi rem untuk roda depan memilki peran cukup vital ketika pada kecepatan tinggi di jalur lurus.

Selain itu, rem cakram depan juga paling penting ketika menemui jalanan yang padat kendaraan sehingga anda akan lebih sering melakukan stop n go yang lebih mudah menggunakan rem depan daripada rem belakang yang operasioanalnya dengan kaki (kecuali motor matic).

4 Penyebab Rem Cakram Kurang Pakem dan Ngempos

Problem yang kerap kali menimpa pada rem cakram sehingga berdampak pada daya pengereman yang tidak optimal ada pada beberapa faktor diantaranya:

#1 Kampas Rem Aus

Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor usia pakai dimana ketika ketebalan kampas rem sudah menipis maka biasanya juga akan mempengaruhi kedalaman sudut gerak tuas rem. Kemudian gerakan tuas rem menjadi sangat panjang yang dampaknya menjadi kurang padat menekan pompa minyak rem.

Solusinya adalah dengan langkah mengganti kampas rem baru maka secara otomatis volume minya akan kembali naik akibat piston terdorong kembali kebelakang dan tuas rem menjadi lebih padat tidak ngempos lagi.

#2 Piringan Cakram Cacat/Rusak

Bentuk fisik piringan (cakram) bisa rusak karena kecelakaan ataupun gesekan yang terlalu panas karena kualitas kapas yang buruk maka bisa menyebabkan piringan cakram menjadi cacat.

Hal ini akan berakibat sangat fatal sebab permukaan cakram yang tidak senter juga akan berpengaruh terhadap daya cengkeram kampas terhadap permukaan cakram yang tidak bisa bersinggungan secara merata.

Langkah perperbaikannya adalah dengan membetulkan senter permukaan cakram pada tukang bubut jika kerusakan masih belum fatal.

#3 Minyak Rem Kurang atau Habis

Berkurangnya kapasitas minyak rem pada perangkat rem hidraulik biasanya disebabkan oleh kebocoran, namun perlu diketahui bahwa kondisi kampas rem yang sudah menipis juga akan membuat level minyak rem menurun.

Isi atau tambahkan minyak rem sesuai dengan standart yang dianjurkan. Biasanya untuk motor adalah menggunakan jenis DOT 3.

#4 Kotoran Debu dan Karat

Perawatan terhadap dan selalu menjaga kebersihan komponen rem cakram juga sangat oenting dilakukan dan apabila terabaikan maka akan mengakibatkan daya cengkeram rem menjadi tidak optimal.

Pada saat musim penghujan dimana perangkat cakram akan lebih sering terpapar kotoran maka tentunya memerlukan penanganan ekstra untuk selalu menjaga kebersihan semua komponen mulai kampas rem dan bagian kalipernya.

Demikian 4 permasalahan penyebab rem cakram menjadi kurang pakem dan jangan lupa baca juga tentang cara menghilangkan bunyi rem yang bising dan berisik.

Artikel Lainnya

Mengatasi Masalah Ban Belakang Motor Goyang Saat Mengerem dan Di Tikungan Pernah mengalami ban motor anda terasa goyang khususnya roda bagian belakang saat mengerem dan di tikungan, dan apa yang menjadi penyebab serta bagaim...
Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar Sesuai Prosedur Perawatan Berkala Bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat pada motor bermesin matic dengan teknologi injeksi? Menurut prosedur standart pabrikan tentang merawat s...
Memperbaiki dan Mengisi Ulang Aki Kering Tekor atau Yang Sudah Mati Cara memperbaiki dan mengisi ulang MF battery atau aki kering yang sudah tekor, soak maupun mati memang tidak terlalu sulit dan ini tentunya akan sang...
Ada 8 Penyebab Masalah Motor Injeksi Boros Bahan Bakar dan Solusi Mengatasinya Motor dengan mesin injeksi seharusnya tidak boros bensin karena dengan teknologi eFi sudah cukup canggih dalam menakar suplai bahan bakar menjadi lebi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *