Motor Matic Loyo di Tanjakan: Tidak Bertenaga Saat Menanjak, Ini Penyebabnya

Penyebab serta cara memperbaiki masalah motor matic loyo ditanjakan

Masalah dan penyebab pada motor matic yang tidak bertenaga saat menanjak atau loyo ditanjakan kerapkali menjadi persoalan umum bagi kendaraan skutik yang sudah berumur memasuki 2 sampai 3 tahun pemakaian.

Hal ini tentunya cukup membuat tidak nyaman penggunanya karena selain membuat pengendara ragu ketika dijalan menanjak tentunya juga cukup berbahaya apabila sampai motor kehilangan tenaga.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut sebab dapat berakibat lebih buruk dan cukup berpengaruh terhadap pada kinerja motor jika tidak segera memperoleh tindakan atau perbaikan.

Penyebab serta cara memperbaiki masalah motor matic loyo ditanjakan

Untuk beberapa varian motor matic yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator tentunya memiliki selang vacuum yang terhubung pada manifold.

Apabila terjadi sumbatan pada jalur selang ini maka resikonya adalah bensin tersendat kemudian tenaga motor langsung drop.

Komponen yang satu ini berfungsi seperti kran bahan bakar akan tetapi bekerja secara otomatis mengikuti hisapan silinder untuk mengalirkan bensin dari tanki menuju karburator.

Selang vacuum ini harus dipastikan 100% kedap udara karena jika ada indikasi bocor sedikit saja maka hisapan menjadi tidak optimal akhirnya aliran bahan bakar juga pasti tersendat.

Simak juga ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan motor dengan mesin injeksi serta artikel menarik lainnya tentang solusi mengatasi motor sering mogok mendadak dijalan.

Analisa pada bagian komponen CVT

Kemudian pada bagian komponen CVT juga perlu mendapatkan perhatian untuk menganalisa apa penyebab motor matic tidak bertenaga saat ditanjakan.

Didalam box CVT terdapat beberapa komponen yang berfungsi memindahkan daya mesin menjadi gerak pada roda belakang seperti:

  • Kampas ganda
  • Mangkok ganda
  • V-belt
  • Roller

Jika ada salah satu saja dari bagian-bagian tersebut mengalami aus, atau rusak maka sudah pasti pengaruhnya sangat besar pada tenaga motor. Cirikhas lainnya ketika terdapat kerusakan pada beberapa komponen CVT adalah motor matic terasa bergetar saat putaran rendah.

Pada komponen CVT ini jika telah ada beberapa komponen yang aus maka tidak akan pernah bisa direkayasa untuk dapat memberikan hasil optimal, jadi sebagai solusi final adalah dengan mengganti bagian yang sudah dinyatakan aus.

Harga kampas ganda sekitar Rp 270 ribu, Mangkuk ganda Rp 180 ribu, V-belt Rp 90 ribu, Roller Rp 115 ribu dan biaya servis yang dipatok biasanya kisaran antara 30 ribu sampai 50 ribu.

Untuk bisa memperoleh komponen yang benar benar terjaga kualitasnya, maka disarankan untuk melakukan service serta perawatan pada bengkel resmi saja.

Keunggulan melakukan service dan perawatan motor secara rutin dibengkel resmi tentunya akan lebih terjaga kualitasnya sebab ditempat tersebut jelas memiliki peralatan yang sudah sesuai dengan prosedur standart dari pabrikan.

Artikel Lainnya

Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan...
Cara Merawat Agar Ban Motor Lebih Awet Tidak Cepat Gundul dan Licin Mengetahui bagaimana cara merawat ban motor agar lebih awet dan tidak cepat gundul atau licin mutlak sangat penting dipahami oleh semua peengguna moto...
Tips Merawat Cat Motor Lebih Awet dan Tidak Mudah atau Cepat Pudar Ingin merawat penampilan cat motor anda menjadi lebih awet, tidak cepat pudar atau tidak mudah kusam memang sangat perlu penanganan special dan perlak...
Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar Sesuai Prosedur Perawatan Berkala Bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat pada motor bermesin matic dengan teknologi injeksi? Menurut prosedur standart pabrikan tentang merawat s...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *