Problem Pada Motor Matic Honda Beat Bergetar dan Tenaga Loyo

Masalah Honda Beat Bergetar Kurang Tenaga

Permasalahan motor matic Honda Beat terasa bergetar dan akibatnya tenaga mesin menjadi ngempos atau kurang optimal adalah gejala yang paling umum dikeluhkan oleh pengguna skutik yang satu ini.

Sesungguhnya penyakit ini juga seringkali dialami oleh sodara segenerasinya yaitu motor matic Honda Vario yang terbilang paling laris dan memiliki tenaga jauh lebih besar dari Honda Beat.

Jadi secara umum, masalah getaran pada Honda Beat dan Vario memang bersumber dari permasalahan yang serupa dan tentunya juga memiliki cara penanganan yang sama.

Mengatasi Problem Motor Matic Honda Beat Bergetar

Pada Honda Beat, getaran ini lebih cenderung terasa ketika motor mulai memasuki kecepatan sedang dan ketika menuju top speed.

Untuk kondisi motor masih standart yang artinya belum pernah mengalami modifikasi atau di oprek, Honda beat memang memiliki tenaga yang terbilang masih kurang optimal.

Dengan volume mesin yang kecil, dimana belakangan ini sudah menjadi jamannya motor berkapasitas mesin 125 cc keatas, maka sudah tidak dapat dipungkiri jika handling Honda Beat akan kedodoran dengan dimensinya (beban) yang berat.

Hal ini akan semakin parah ketika usia pakai motor sudah memasuki tahun ke 3, sehingga sudah wajar jika beberapa komponen telah saatnya harus dilakukan penggantian.

Beberapa komponen yang paling kerap memicu timbulnya getaran adalah bersumber dari:

  • Perangkat kopling ganda
  • V-belt
  • Roller

Ketiga komponen di atas berada dalam box CVT dan sebaiknya tetap dilakukan pemeriksaan rutin serta perawatan berkala untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal.

Komponen Box CVT motor Matic

#1 Kopling ganda aus

Bisa terjadi keausan pada kampas kopling ganda atau bahkan pada mangkuk koplingnya yang mengakibatkan komponen ini menjadi tidak balance lagi.

Solusinya adalah dengan melakukan penggantian part baru sesuai standart. Usahakan mengantinya sepaket antara kampas kopling dengan mangkuknya agar balance.

#2 V-belt kendur

Berfungsi selayaknya rantai pada motor transmisi manual, komponen ini adalah penyalur tenaga putaran mesin menuju gear box roda.

Apabila kondisi V-belt sudah tidak seimbang (kendur-kencang) maka dampaknya adalah timbul getaran yang akan terasa hingga stang kemudi motor.

#3 Roller

Berfungsi sebagai bantalan, maka komponen ini kerap kali aus sehingga kondisi fisiknya sudah tidak bulat sempurna lagi. Langkah perbaikannya hanya dengan mengganti dengan part baru.

Untuk meminimalisir terjadinya getaran atau tenaga pada Honda Beat menjadi loyo sebaiknya dengan tetap menjaga kinerja komponen mesin selalu dalam kondisi prima serta perawatan rutin sesuai dengan standart pabrikan Honda.

Baca juga tips memilih oli mesin terbaik untuk motor matic serta artikel menarik lainnya tentang gambar modifikasi Honda Beat paling ekstrem.

Artikel Lainnya

Memeriksa Tanda Kerusakan V-Belt dan Masalah Motor Matic Bergetar Tanda V-belt rusak dan masalah keluhan motor matic menjadi bergetar memang sangat erat kaitannya sehingga perlu segara mendapatkan tindakan agar tidak...
Penyebab Motor Boros Bensin Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya Apa penyebab motor menjadi boros bahan bakar (bensin) dan mesin kurang bertenaga paling sering pada matic seperti mio dan vario serta bagaimana cara m...
Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya de...
Motor Matic Loyo di Tanjakan: Tidak Bertenaga Saat Menanjak, Ini Penyebabnya Masalah dan penyebab pada motor matic yang tidak bertenaga saat menanjak atau loyo ditanjakan kerapkali menjadi persoalan umum bagi kendaraan skutik y...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *