Penyebab Motor Boros Bensin Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Mengatasi motor boros bensin

Apa penyebab motor menjadi boros bahan bakar (bensin) dan mesin kurang bertenaga paling sering pada matic seperti mio dan vario serta bagaimana cara mengatasinya?

Beragam permasalahan yang notabene sangat kecil namun dapat memicu pada meningkatnya konsumsi bahan bakar seringkali kurang memperoleh perhatian dari pengguna kendaraan bermotor.

Sementara dampak atau efek mesin yang boros bensin justru akan menghasilkan tenaga kurang maksimal sehingga pengguna harus segera mengatasi dengan cara mengiritkan bensin namun hal ini juga tidak menjamin akan berhasil dan efektif.

8 Masalah penyebab motor boros dan cara mengatasinya

Berikut ini kami berikan ulasan singkat mengenai beberapa persoalan yang bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar motor menjadi lebih boros dan tidak bertenaga.

#1 Volume (kapasitas) mesin yang besar

Kapasitas silinder mesin atau lebih dikenal dengan istilah CC adalah volume ruang bakar yang mana jika memiliki ukuran besar sudah tentu akan berdampak pada konsumsi bensin yang boros.

Pada persoalan ini bisa dari pabrikan yang sudah mendesain motor dengan CC besar atau juga bisa di akibatkan oleh tindakan modifikasi (over size).

Untuk jenis mesin motor kompetisi road race ataupun drag race kadang dilakukan upaya bore up atau pembesaran volume mesin dengan di imbangi seting komponen lainnya agar konsumsi bensin seimbang dengan tenaga yang dihasilkan.

#2  Setelan (seting) karburator kurang tepat

Pada mesin motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator (bukan mesin injeksi) memerlukan setting yang seimbang atara masuknya udara segar dengan bahan bakar.

Dampak paling jelas ketika karburator sudah saatnya minta diservice adalah konsumsi bensin yang boros dan tenaga tidak bisa maksimal.

Ada banyak komponen yang harus diperhatikan untuk menjaga agar bahan bakar motor tidak menjadi boros, seperti setelan angin dan juga setelan bensin, setelan jarum skep, hingga penggunakan ukuran main jet dan juga pilot jet atau spuyer yang tepat.

Apabila settingan pada semua komponen tersebut kurang tepat, maka efeknya adalah motor anda menjadi boros kadang suara knalpot juga meledak ledak atau bahkan berasap hitam.

#3 Perlu dilakukan seting ECU

Belakangan ini, motor dengan menggunakan teknologi sistem injeksi sudah sangat marak dan hampir setiap keluaran motor baru sudah mengaplikasikan sistem ini.

Motor dengan teknologi injeksi ini biasanya mengandalkan perangkat elektronik ECU sebagai pusat pengaturan jumlah bahan bakar dan juga udara yang harus dicampurkan.

Penyetelan sistem injeksi dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer. Kesalahan yang sering terjadi adalah ketika memasukkan variabel, maka efeknya adalah bisa saja motor anda menjadi boros.

Untuk itu alangkah lebih baik jika membawa motor pada bengkel resmi yang sudah memiliki peralatan modern untuk melakukan service motor injeksi.

Simak juga ulasan lebih lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan motor bermesin injeksi.

#4 Ruang bakar sudah penuh kerak karbon

Masalah berikutnya yang dapat menyebabkan motor boros adalah karena tumpukan kerak karbon pada ruang bakar.

Kerak karbon ini adalah sisa dari pembakaran motor apabila sudah menumpuk maka dapat menghambat kinerja dan juga performa mesin, serta dapat menyebabkan motor menjadi boros.

Biasanya kerak karbon sangat bandel dan menempel pada head silinder sehingga mengganggu performa motor dan ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang berkalitas buruk.

Bagaimana cara mencegah agar kerak karbon tidak mengganggu performa dan menyebabkan motor boros?

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah supaya tidak terjadi penumpukan kerak karbon didalam ruang bakar. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan :

  • Rutin membersihkan kerak pada busi dan head silinder serta kepala piston setidaknya setiap 6 bulan sekali atau saat service berkala.
  • Pemilihan bahan bakar harus sesuai dengan spesifikasi mesin yang dianjurkan.
  • Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi juga bisa dilakukan untuk mencegah menumpuknya kerak atau dengan menggunakan spray cleaner apabila tidak sempat membongkar mesin.

#5 Pemakaian knalpot free flow (blong)

Seringkali pengguna motor mengganti knalpot jenis free flow atau jenis racing untuk mendapatkan suara motor yang garang.

Apabila jenis knlapot tepat memang akan dapat meningkatkan tenaga mesin meskipun konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros hingga 10%.

Hal ini sangat tidak disarankan khususnya untuk mesin motor yang masih standart karena spesifikasinya tidak akan sesuai dengan jenis knalpot free flow sehingga justru berdampak pada borosnya bensin dan tenaga kurang maksimal.

#6 Tekanan angin ban kurang

Ban kempis atau tekanan angin yang rendah juga dapat memicu motor menjadi boros bensin selain bisa berakibat merusak velg serta laher roda.

Tekanan ban yang kurang akan membuat laju motor menjadi tidak optimal karena beban yang relative lebih berat.

Jadi meskipun mesin berada pada putaran yang tinggi namun karena beban yang berat menjadikan konsumsi bensin tidak efisien.

Untuk mencegah hal ini, pengguna motor harus rajin memeriksa tekanan angin pada ban secara teratur.

Gunakan Nitrogen untuk mengisi tekanan angin pada ban karena lebih stabil dan memiliki daya cengkram yang lebih baik.

Pemilihan pola dan juga alur ban juga sangat penting. Ban dengan compound soft dan alur yang sedikit akan memberikan grip yang maksimal ketika berada di jalanan kering, sehingga bisa menyebabkan bahan bakar menjadi sedikit lebih boros.

Gunakan ban bercompound medium atau keras, dengan alur atau pattern yang memiliki banyak garis untuk menjaga grip dan menjaga daya tahan ban.

#7 Periksa kondisi rem

Apa hubungannya rem dengan bensin motor boros? Apabila kondisi rem baik jenis cakram maupun jenis tromol sebaiknya hanya berfungsi ketika tuas rem posisi di tekan.

Namun dalam kondisi tertentu bisa akibat kerusakan maupun komponen yang tidak terawat rem kadang memberatkan putaran roda sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada pemakaian bahan bakar yang boros.

Baca juga artikel terkait mengenai cara mengatasi masalah rem berbunyi berisik atau berdecit dan ulasan lainnya mengatasi rem kurang pekem.

#8 Perhitungkan beban yang dibawa motor

Faktor penyebab motor menjadi boros bensin yang terakhir adalah beban yang dibawa oleh kendaraan itu sendiri.

Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan persoalan ban yang kurang angin.

Namun pada poin ini ditekankan supaya pengguna motor dapat mengukur kapasitas beban yang mampu diangkut oleh motor supaya kinerjanya tetap optimal.

Untuk standartnya satu motor hanya di ijinkan membawa 2 orang dewasa saja namun seringkali pengguna kurang memperhatikan hal ini dengan masih seringkali membawa beban boncengan yang berat dan berlebihan.

Simak juga ulasan terkait mengenai oli mesin terbaik untuk motor matic injeksi serta artikel menarik lainnya tentang cara membuat motor matic lebih bertenaga gesit dan lincah.

Artikel Lainnya

Solusi dan Cara Mengatasi Penyebab Busi Motor Cepat Rusak (Mati) Sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi atau solusi masalah pada busi motor yang cepat rusak (mati) dan apa saja penyebabnya sehingga anda bisa...
Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar Sesuai Prosedur Perawatan Berkala Bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat pada motor bermesin matic dengan teknologi injeksi? Menurut prosedur standart pabrikan tentang merawat s...
5 Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar dan Tetap Bertenaga Bagaimana cara membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar namun tetap bertenaga sudah tentu menjadi harapan banyak orang dimana saat ini mobilitas m...
Tips Merawat Cat Motor Lebih Awet dan Tidak Mudah atau Cepat Pudar Ingin merawat penampilan cat motor anda menjadi lebih awet, tidak cepat pudar atau tidak mudah kusam memang sangat perlu penanganan special dan perlak...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *