Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar Sesuai Prosedur Perawatan Berkala

Merawat motor matic injeksi dengan cara yang benar

Bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat pada motor bermesin matic dengan teknologi injeksi? Menurut prosedur standart pabrikan tentang merawat skutik ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis motor lainnya.

Dibandingkan dengan jenis motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, motor matic injeksi memang sedikit lebih rumit karena sistem suplai bensinnya diatur oleh komponen elektronika.

Motor matic saat ini memang sudah menjadi primadona masyarakat luas karena , desain yang menarik, futuristik dan tentunya tidak ketinggalan juga dalam urusan kecepatan. Selain mudahnya pengoperasian, jenis motor yang satu ini juga sangat cocok untuk segala umur baik baik laki-laki atau perempuan.

Tips Perawatan Untuk Motor Matic Sistem Injeksi

Merawat motor matic dengan benar akan menjadikan kinerja mesin tetap terjaga bahkan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar juga akan tetap irit tanpa menurunkan performanya.

Berikut ini adalah cara merawat motor matic injeksi dengan benar dan tepat agar selalu tetap prima.

  • Mengendarai motor matik injeksi tidak di anjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor dengan mendadak. Naikkan gas secara berlahan begitupula ketika hendak menurunkan kecepatannya.
  • Selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar jangan sampai mengalami kekosongan karena akan beresiko macet dan sedikit lebih sulit ketika pertama kali menghidupkan mesinnya.
  • Pemeriksaan kondisi oli adalah mutlak, jangan sampai kurang atau sudah melebihi masa pemakaian. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai terjadi limit ataupun kering, lakukan pergantian oli secara berkala, gunakan oli terbaik standart motor matic injeksi yang dianjurkan pabrik pembuatnya.
  • Berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi merupakan hal paling riskan karena motor matic injeksi syarat dengan komponen elektronik dan memerlukan sumber daya listrik yang harus selalu terjaga dengan baik.
  • Yang paling penting adalah servis secara rutin di bengkel resmi untuk melaporkan segala keluhan serta perawatan pada bagian bagian yang vital seperti V-belt, roller, bearing serta komponen pendukung lainnya.

Dalam penggunaan sehari hari, banyak para pemilik kendaraan khususnya motor matic yang sering melupakan hal kecil ini padahal merupakan salah satu upaya menjaga performa motornya tetap sempurna.

Yaitu mengontrol tekanan angin ban, meskipun tampak sederhana namun sangat berhubungan erat terhadap kinerja keseluruhan kendaraan anda.

Kondisi ban kurang angin akan menyebabkan beban motor lebih berat dan berdampak pada konsumsi bensin yang boros selain juga mengakibatkan handling motor yang tidak stabil.

Simak juga ulasan terkait mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic injeksi serta artikel menarik lainnya tentang masalah motor matic tidak bertenaga di tanjakan.

Apakah motor matic injeksi perlu pemanasan sebelum jalan?

Teknologi mesin injeksi merupakan terobosan terbaru yang digadang akan menyempurnakan dari teknologi konvensional yaitu mesin yang masih menggunakan sistem karburator.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mesin yang masih mengandalkan karburator sebagai unit penyuplai bahan bakar tentunya sangat jauh dari akurat karena masih bekerja secara manual.

Yaitu pencampuran bahan bakar dengan udara diatur secara manual oleh bukaan skep. Hal ini tentu jauh berbeda dengan mesin injeksi yang mana proses ini sudah disetel secara otomatis melalui sebuah program semi computer.

Jadi ketika mesin masih dingin atau sudah panas sistem injeksi sudah mampu menyesuaikan secara otomastis.

Untuk itu melakukan pemanasan pada saat motor baru dihidupkan tidak akan berlaku pada mesin teknologi injeksi. Bahkan dalam kondisi sedingin apapaun motor injeksi akan lebih mudah di starter atau dinyalakan.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara tepat merawat motor matic bermesin injeksi sebagai penambah wawasan anda didalam dunia otomotif yang selalu akan terus berkembang.

Artikel Lainnya

Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan...
Mengatasi Rem Cakram Motor Kurang Pakem Dan Terasa Ngempos Penyebab rem cakram pada motor tidak bisa pakem dan terasa ngempos tentunya harus segera diatasi karena hal ini cukup berbahaya jika dibiarkan berlaru...
Masalah Yang Sering Muncul dan Terjadi Pada Motor Matic Serta Antisipasinya Apa saja masalah atau persoalan yang sering timbul dan terjadi pada motor matic dan bagaimana cara mengantisipasinya, ulasan kali ini akan membahas be...
Cara Merawat Agar Ban Motor Lebih Awet Tidak Cepat Gundul dan Licin Mengetahui bagaimana cara merawat ban motor agar lebih awet dan tidak cepat gundul atau licin mutlak sangat penting dipahami oleh semua peengguna moto...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *