Cara Merawat Agar Ban Motor Lebih Awet Tidak Cepat Gundul dan Licin

Merawat ban motor lebih awet tidak cepat licin

Mengetahui bagaimana cara merawat ban motor agar lebih awet dan tidak cepat gundul atau licin mutlak sangat penting dipahami oleh semua peengguna motor bahkan ini tips ini juga berlaku bagi pemilik mobil.

Hal ini terbilang sangat perlu dan harus diperhatikan mengingat fungsi ban sendiri termasuk komponen vital yang akan turut menentukan performa motor ataupun keselamatan pengendaranya.

Memilih ban dengan kualitas bagus memang akan sebanding dengan harga yang harus dibayar dan ini tentunya akan jauh memberikan kenyamanan daripada mengunakan jenis ban murahan apalagi barang rekondisi.

Ban yang baik biasanya memiliki kompon lebih lunak sehingga memang sangat bagus dalam mencengkeram  atau menapak pada permukaan jalan. Akan tetapi ada yang sangat disayangkan dari jenis ban ini yaitu sangat cepat aus atau cepat licin bahkan jika setiap hari selalu dipakai di jalanan beraspal, kadang tidak sampai setahunpun sudah waktunya meminta ganti ban baru.

Jangan lupa simak juga ulasan mengenai cara mengatasi dan penyebab motor matic bergetar serta solusi mengatasi motor matic brebet boros bensin.

Cara membuat ban motor lebih awet, tidak cepat licin dan tetap mengkilap

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban menjadi lebih awet dan tidak cepat licin dengan cara cara sederhana berikut ini.

  • Menjaga kebersihan ban dengan rajin mencuci ketika tampak sudah kotor akan membuat karet kompon ban lebih awet dan tidak lekas mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan jalan tetap terjaga dengan optimal.
  • Hindari kontaminasi yang berlebihan antara permukaan karet ban dengan zat yang mengandung minyak karena akan merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu terjadinya robek.
  • Jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standart yang tercantum pada ban untuk membuat kinerja ban tetap optimal karena tekanan angin akan mempengaruhi performa berkendara.
  • Pemakaian cairan pengkilap ban boleh digunakan dengan syarat tidak mengandung zat yang bersifat bahan bakar seperti minyak tanah atau bensin, solar dll.
  • Perlakuan yang salah sering terjadi karena tukang tambal ban yang tidak professional sehingga merusak struktur ban itu sendiri karena penggunaan alat alat servis ban yang kurang tepat.

Ketika hendak memilih ban yang memiliki kualitas baik, perlu secara langsung melihat atau dengan menyentuh permukaan karet ban.

Pastikan ban memiliki kompon karet yang lebih lunak dan tidak keras. Meskipun jenis ban seperti ini biasanya sangat mahal, namun akan lebih aman jika dipakai untuk melaju dengan kecepatan tinggi di jalanan.

Satu hal lagi, jangan heran apabila ban yang berkualitas bagus justru akan cepat habis karena kompoun yang lunak memang lebih lengket menapak dipermukaan jalan aspal apalagi jika sudah bersuhu tinggi.

Bagai yang suka melaju dengan kecepatan tinggi sebaiknya menunggu ban sudah agak panas, yang artinya ketika baru mulai menggunakan motor jangan langsung top speed karena kondisi karet ban yang masih dingin akan beresiko mudah tergelincir.

Artikel Lainnya

Mengatasi Masalah Ban Belakang Motor Goyang Saat Mengerem dan Di Tikungan Pernah mengalami ban motor anda terasa goyang khususnya roda bagian belakang saat mengerem dan di tikungan, dan apa yang menjadi penyebab serta bagaim...
Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya de...
Masalah Pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Brebet, Ngempos dan Bergetar Gejala masalah brebet, ngempos dan bergetar pada motor matic Honda Vario Techno 125 PGM-Fi (injeksi) sering kali melanda ketika usia pakai kendaraan s...
Mengatasi Rem Cakram Motor Kurang Pakem Dan Terasa Ngempos Penyebab rem cakram pada motor tidak bisa pakem dan terasa ngempos tentunya harus segera diatasi karena hal ini cukup berbahaya jika dibiarkan berlaru...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *