Sumber Masalah Mesin Motor Cepat Panas Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah penyebab mesin motor cepat panas

Apa yang menjadi sumber penyebab masalah pada mesin sepeda motor sering cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya, simak ulasan kali ini sebagai panduan dan langkah antisipasinya.

Kondisi mesin motor sering mengalami overheat bukan hanya mengancam pada kendaraan yang sudah berumur lama, akan tetapi dapat juga terjadi pada semua jenis motor baru.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penyebab persoalan ini sebenarnya adalah pada faktor pengguna itu sendiri yang harus lebih memperhatikan cara memperlakukan kendaraannya dengan tepat.

Mengatasi mesin motor mudah panas dan tenaga loyo

Beberapa hal berikut ini adalah langkah penanganan atau tindakan yang perlu segera dilakukan ketika mencurigai mesin motor kamu menjadi cepat panas sehingga tenaga semakin drop.

  • Pastikan tidak ada indikasi atau tanda tanda bocor pada area blok mesin dengan mencari rembesan oli.
  • Jenis oli yang dipakai harus sesuai dengan rekomendasi pabrik dan perhatikan kapasitasnya tidak kurang atau lebih. Simak tentang jenis oli mesin terbaik untuk motor matic.
  • Panas mesin yang cepat meningkat juga bisa disebabkan karena ruang kompresi yang kotor. Bisa karena kerak yang sudah menumpuk akibat bahan bakar yang buruk.
  • Jangan biarkan busi terlalu usang, perhatikan usia pemakaian yang tidak melebihi batas maksimum 10 ribu KM.
  • Terakhir adalah persoalan pada kerenggangan klep yang terlalu rapat sehingga kompresi bocor memicu mesin cepat panas dan tenaga motor menjadi loyo.

Jika terdapat gejala mesin mudah panas meskipun baru hidup atau jalan beberapa saat saja, maka kondisi seperti ini patut untuk segera mendapatkan penanganan karena akan memicu umur mesin menjadi lebih pendek apabila dibiarkan berlarut larut.

Simak juga ulasan terkait mengenai masalah motor matic loyo tidak bertenaga saat menanjak serta artikel menarik lainnya tentang solusi dan antisipasi motor sering mogok mati mendadak.

Mesin motor dengan sistem pendinginan radiator

Satu hal lagi meskipun motor kamu sudah menggunakan sistem pendinginan radiator maka tidak serta merta akan selalu aman dari persoalan overheat atau cepat panas.

Untuk itu perawatan pada komponen yang satu ini justru harus lebih ekstra diperhatikan level cairan pendingin serta jangan abaikan stok air coolent pada tabung cadangan.

Kemudian juga harus dipastikan bahwa kisi kisi radiator tidak terhalang dari sirkulasi udara terbuka supaya proses pendinginan dapat berlangsung lebih cepat.

Artikel Lainnya

Setting Agar Motor Matic Lebih Bertenaga Stabil Gesit dan Lincah Ingin setting atau setelan motor matic anda menjadi lebih bertenaga handling stabil larinya kencang gesit dan manuvernya lincah sudah pasti memerlukan...
Kumpulan Gambar Modifikasi Honda Scoopy Terbaik Jawara Kontest Halo skutik mania, kumpulan gambar modifikasi motor matic Honda scoopy terbaik berikut ini mungkin bisa menjadi sumber referensi untuk merombak tampil...
Penyebab Motor Boros Bensin Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya Apa penyebab motor menjadi boros bahan bakar (bensin) dan mesin kurang bertenaga paling sering pada matic seperti mio dan vario serta bagaimana cara m...
Oli Mesin Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi Honda dan Yamaha Menggunakan oli yang terbaik untuk mesin motor matic seperti Honda Vario, Scoopy, Beat dan Yamaha Mio, Nmax, Fino ataupun type injeksi lainnya memang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *