Memperbaiki dan Mengisi Ulang Aki Kering Tekor atau Yang Sudah Mati

Mengisi ualang memperbaiki aki kering tekor mati soak

Cara memperbaiki dan mengisi ulang MF battery atau aki kering yang sudah tekor, soak maupun mati memang tidak terlalu sulit dan ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi yang masih belum memiliki cukup biaya mengganti aki baru.

Jika diperhatikan memang terdapat banyak kelebihan menggunakan aki MF karena lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi sebab komponen aki ini menggunakan separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi.

Untuk harga dipasaran memang dijual sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis aki basah sehingga upaya melakukan perbaikan sendiri diharapkan mejadi solusi yang sangat efisien.

Beragam jenis motor baru saat ini bisa dibilang hampir seluruh peralatan elektronik mulai dari lampu hingga sitem elektrikal mobil maupun motor sudah mengandalkan daya listrik yang di suplai oleh aki karena mengaplikasikan sistem pengapian DC.

Tahap atau langkah langkah perbaikan pada aki kering

Selanjutnya adalah persiapan peralatan serta bahan apa saja yang perlu dipersiapkan sebagai perlengkapan memperbaki aki kering.

Bahan dan peralatan yang digunakan

  • Air aki (zuur). Pastikan anda membeli dengan benar yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru, bukan air penambah cairan aki.
  • Obeng (-) atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembuka cover bagian atas aki kering.
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
  • Siapkan kain lap untuk berjaga jaga jika ada cairan yang menetes atau tumpah.

Langkah langkh perbaikan dan mengisi ulang

Membongkar aki kering

Mengisi ulang cairan aki kering

Mengisi setrum aki kering

  • Pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
  • Membuka penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa namun harus hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran.
  • Setelah terbuka, akan anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
  • Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
  • Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
  • Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  • Aki kering sudah siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat.
  • Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.

Kerjakan dengan sangat cermat untuk mendapatkan hasil yang baik meskipun tidak sempurnya fisiknya seperti aki baru tetapi setidaknya anda telah berhasil menghemat biaya dan memaksimalkan apa yang ada.

Tips tambahan: Apabila anda membeli unit aki kering sebainya mencermati kode angka yang pada umumnya akan di stempel pada bagian tutup atau atas bodi aki.

Sebenarnya kode tersebut merupakan catatan yang mana pabrik telah melakukan pengecasan (pengisian) tegangan dan daya untuk pertama kalinya sejak diproduksi.

Sebagai contoh kode angka 15.9.16 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 15 bulan 9 tahun 2016.

Mengetahui hal ini maka anda cukup mudah untuk memastikan sudah berapa lama usia aki yang akan anda beli, kemudian disarankan agar tidak menerma aki baru apabila tanggal disaat anda beli sudah melewati jangka waktu 4 bulan dari kode angka yang tertera.

Simak juga ulasan terkaiat mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic injeksi serta artikel lainnya tentang cara mengatasi motor mendadak mogok dijalan.

Penyebab aki kering cepat rusak dan perawatannya

Meskipun aki kering sering disebut bebas perawatan, akan tetapi tidak serta merta dibiar begitu saja setelah terpasang pada kendaraan bermotor anda.

Memang jenis perawatan pada aki kering sangat berbeda dengan type aki basah yang mana tidak usah lagi memikirkan pengisian air maupun dipusingkan dengan posisi pemasangan yang lebih bebas mau direbahkan ataupun terbalik sekalipun.

Untuk menjaga kinerja aki tetap optimal, maka ada hal yang sebenarnya perlu diperhatikan seperti ketika motor jarang digunakan sebaiknya tetap diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hari sekali sekitar 15 menit agar suplai listrik ke aki tetap terjaga.

Menjaga kebersihan aki juga akan memberikan manfaat yang baik untuk usia pakai. Dengan rajin membersihkan body serta SEL aki, akan menghindarkan dari penumpukan material (kerak) yang kemungkinan juga akan dapat menyebabkan hubungan arus pendek sehingga aki mudah soak dan lekas mati.

Selalu memeriksa kondisi sekering (fuse) sebagai pengaman kelistrikan mobil dan motor. Sekering ini sangat penting karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan anda.

Hal hal yang kerapkali menjadi penyebab aki cepat rusak biasanya adalah karena adanya masalah pada perangkat elektrikal mulai dari kabel serta instrument elektronika lainnya.

Untuk itu jangan pernah memasang perangkat eletronik tambahan dengan sembarangan seperti alarm maupun aksesoris lainnya yang dirasa masih tidak terlalu penting.

Artikel Lainnya

Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya de...
Membaca Jalur Kabel Soket CDI Untuk Semua Jenis Motor Cara membaca jalur kabel soket CDI untuk semua jenis motor termasuk Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki adalah merek kendaraan bermotor roda 2 yang pal...
Solusi dan Cara Mengatasi Penyebab Busi Motor Cepat Rusak (Mati) Sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi atau solusi masalah pada busi motor yang cepat rusak (mati) dan apa saja penyebabnya sehingga anda bisa...
Tips Mencegah Bohlam Lampu Motor Yang Sering Putus Cara mencegah supaya bohlam lampu utama motor yang seringkali putus (padam) tidak menimpa pada motor kesayangan kamu, maka ulasan kali ini akan member...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *