6 Analisa Penyebab dan Cara Atasi Suara Berisik di Mesin Yamaha NMAX

Mengatasi masalah pada mesin yamaha NMAX

Yamaha NMAX berisik, klotok klotok pada mesin apa penyebab dan cara mengatasi persoalan ini ada 6 hal yang penting untuk diperhatikan.

Penjualan motor matik Yamaha NMAX sampai pada saat ini masih menunjukkan angka yang cukup tinggi.

Sejak kali pertama diluncurkan oleh pabrikan berlogo garpu tala itu pada Februari 2015 silam, NMAX tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadi primadona bagi para penggemar motor skutik di Indonesia.

Berikut ini beberapa penyebab dan solusi suara mesin berisik di Yamaha NMAX:

  1. Spring Tensioner

Kondisi seperti ini akan terjadi di saat di kondisi idling 1500 RPM sampai 9000 RPM mesin seperti mesin jahit rusak, jika demikian sudah dipastikan itu adalah spring tensioner assy broken.

Meskipun demikian motor masih bisa digunakan dengan normal, tapi tidak bisa lebih dari 50 km/jam.

Penggantian part baru harus segera dilakukan pada bengkel resmi Yamaha yaitu tensioner assy dengan kode 2ND E 2210 20.

  1. Noise Idling

Permasalahannya hampir serupa seperti point A, kondisi idling di kisaran 1500 RPM atau 4000 RPM.

Akan tetapi setelah lebih dari 4000 RPM suara noise (berisik) akan hilang, lakukan pengecekan dengan menggunakan obeng minus panjang yang kecil.

Tempelkan pada bagian yang terdengar noise tadi, komponen yang harus dicek seperti tensioner, Vbelt, pulley primer, weight (roller) aus, starter clutch, bearing rocker arm, bearing camshaft bagian depan dan belakang.

  1. Bearing Transmisi

Persoalan ini sering muncul ketika motor sedang berjalan dan terdengar suara di bagian transmisi gear box, biasanya kerap melanda Yamaha NMAX keluaran 2015-2016 awal.

Part yang harus segera diganti ialah bearing transmisi dengan kode 93306204XH, sebagai alternatifnya bisa diganti dengan milik Scorpio (93306204XR) atau NTN, Kyo, FAG dan SKF.

  1. Klep

Suara ini terdengar seperti jelas seperti pukulan benda keras akibat celah klep yang terlalu longgar dan dudukan baut stopper (lidah keteng) sudah aus.

Melakukan setel klep saja kadang sudah bisa mengatasi persoalan ini jika tidak ada part yang sudah terlanjur aus.

  1. Over Huming

Pada mesin NMAX sering terdengar seperti siulan kencang, dan ini akan lebih jelas ketika turun RPM.

Simak juga ulasan terkait mengenai sumber masalah mesin motor cepat panas serta artikel menarik lainnya tentang penyebab aki pada motor matic injeksi tiba tiba tekor.

  1. Piston Kit

Selain menimbulkan suara berisik, klotok klotok pada mesin, tanda paling jelas ialah knalpot NMAX ngebul (berasap) putih.

Pada RPM 3000 hingga 7000 RPM kebulan asap knalpot akan semakin kuat karena sudah terdapat goresan pada piston atau silinder yang menyebabkan oli mesin masuk kedalam ruang bakar.

Saat menghidupkan mesin stasioner di pagi hari saja jika knalpot berasap maka dapat dipastikan ada masalah di seal valve (seal klep) steam yang aus, biasanya indikasinya di 2000 km dan akan menyebabkan kapasitas oli mesin berkurang hingga 250 ml-300ml.

Artikel Lainnya

Mengatasi Masalah Ban Belakang Motor Goyang Saat Mengerem dan Di Tikungan Pernah mengalami ban motor anda terasa goyang khususnya roda bagian belakang saat mengerem dan di tikungan, dan apa yang menjadi penyebab serta bagaim...
Tips Mencegah Bohlam Lampu Motor Yang Sering Putus Cara mencegah supaya bohlam lampu utama motor yang seringkali putus (padam) tidak menimpa pada motor kesayangan kamu, maka ulasan kali ini akan member...
Masalah Yang Sering Muncul dan Terjadi Pada Motor Matic Serta Antisipasinya Apa saja masalah atau persoalan yang sering timbul dan terjadi pada motor matic dan bagaimana cara mengantisipasinya, ulasan kali ini akan membahas be...
Memeriksa Tanda Kerusakan V-Belt dan Masalah Motor Matic Bergetar Tanda V-belt rusak dan masalah keluhan motor matic menjadi bergetar memang sangat erat kaitannya sehingga perlu segara mendapatkan tindakan agar tidak...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *