Kelebihan atau Keunggulan BBM Pertamax Untuk Mesin Sepeda Motor

Keunggulan keuntungan pertamax dibanding premium pertalite

Bahan bakar pertamax untuk sepeda motor memiliki kelebihan atau keunggulan dan saat ini paling direkomendasikan apalagi bagi mesin dengan sistem fuel injection.

Sebenarnya secara teknis menggunakan bahan bakar apapun termasuk premium, pertalite, pertamax plus tentunya harus menyesuaikan dengan perbandingan (rasio) kompresi mesin.

Sehingga semakin besar kompresi pada silinder maka membutuhkan bahan bakar yang tidak cepat terbakar sebelum piston sampai pada titik mati atas (TMA).

Untuk mesin motor dengan teknologi modern yang diproduksi kisaran tahun 2004 hingga saat ini biasanya memiliki rasio kompresi diatas 8 : 1 sampai 12 : 1 yang mana akan membutuhkan asupan bahan bakar bernilai RON atau Research Octane Number alias kadar oktan senilai 92.

Bahan bakar dengan nilai oktan 92 ini salah satunya adalah Pertamax.

Kelebihan dan keunggulan bahan bakar Pertamax untuk mesin motor

Pertamax ini adalah produk buatan Pertamina yang notabene termasuk dalam kategori BBM non subsidi sehingga memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Berikut beberapa keunggulan menggunakan pertamax dibanding dengan jenis bahan bakar lainnya.

#1 Hasil pembakaran mesin yang lebih baik

Dengan menggunakan bahan bakar pertamax maka proses pembakaran di dalam silinder (ruang bakar) akan lebih sempurna dibandingkan dengan premium.

Kemudian juga akan sangat efisien (irit) karena tidak ada sisa sisa bahan bakar terbuang akibat pembakaran yang kurang sempurna.

Simak juga ulasan terkait mengenai penyebab motor menjadi boros bensin dan tidak bertenaga serta artikel menarik lainnya tentang masalah pada Honda vario techno brebet dan bergetar.

#2 Emisi gas sisa pembakaran ramah lingkungan

Emisi gas buang yang lebih baik ini hanya dapat diperoleh jika proses pembakaran didalam silinder terjadi sempurna.

Dengan keuntungan pertamax yang lebih kuat menahan kompresi mesin, maka resiko terjadinya detonasi (meletup) atau mesin meledak ledak tidak akan terjadi lagi bagi teknologi mesin terbaru kompresi tinggi.

Dampak dari pembakaran yang lebih efisien dan sempurna, serta rendahnya emisi gas buang yang dihasilkan maka bahan bakar ini masuk ke dalam kategori bahan bakar yang Eco Friendly atau ramah lingkungan.

#3 Bebas timbal

Karena tidak adanya kandungan timbal dan logam lain, menjadikan Pertamax sebagai bahan bakar yang sangat aman dan ramah terhadap lingkungan.

Kebaikan lainnya Pertamax juga membuat kondisi ruang bakar, klep, busi, serta piston motor tetap bersih dan akan terhindar dari deposit atau pengendapan yang diakibatkan oleh zat timbal itu sendiri.

#4 Terdapat tambahan zat Aditif

Bertujuan untuk meningkatkan RON atau Research Octane Number menjadi 92, Pertamax menambahkan zat – zat aditif yang juga sangat berguna untuk meningkatkan performa mesin motor.

Karena tidak mengandung kadar timbal, menjadikan bahan bakar ini memiliki kualitas yang cukup tinggi bahkan sangat direkomendasikan untuk kebutuhan mesin kompetisi.

#5 Konsumsi bahan bakar lebih irit

Sudah banyak konsumen yang menyamaikan bahawa dengan menggunakan bahan bakar Pertamax ini konsumsi BBM motor mereka menjadi jauh lebih irit dibandingkan menggunakan bahan bakar jenis Premium.

Secara teknis hal ini disebabkan oleh sifat dari Pertamax yang sulit untuk terbakar sehingga tidak akan menimbulkan detonasi akibat bensin meledak sebelum mencapai TMA.

Jangan lupa baca juga ulasan tentang tips agar motor matic lebih irit bahan bakar serta artikel terkait mengenai cara mengatasi masalah mesin motor cepat panas.

#6 Paling cocok untuk teknologi mesin injeksi

Untuk sekarang ini sudah banyak motor baru mulai jenis bebek, motor matic hingga motor sport yang mengaplikasikan teknologi fuel injection untuk sistem bahan bakarnya.

Dengan memilih bahan bakar jenis Pertamax maka dapat membantu kinerja bagian injector (nozzle) yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar menjadi lebih bersih dan terhindar dari resiko tersumbat.

Dengan beragam keuntungan menggunakan pertamax, tentunya akan berdampak pada segi ekonomis alias hemat biaya karena banyak faktor yang saling berkaitan terutama untuk perawatan berkala mesin yang lebih terjaga performanya.

Artikel Lainnya

Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan...
Mengatasi Problem Mesin Honda Scoopy Brebet dan Boros Bensin Honda Scoopy brebet pada saat tarikan awal dan boros bensin adalah masalah yang paling umum dijumpai pada generasi motor matic yang masih menggunakan ...
Membaca Jalur Kabel Soket CDI Untuk Semua Jenis Motor Cara membaca jalur kabel soket CDI untuk semua jenis motor termasuk Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki adalah merek kendaraan bermotor roda 2 yang pal...
5 Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar dan Tetap Bertenaga Bagaimana cara membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar namun tetap bertenaga sudah tentu menjadi harapan banyak orang dimana saat ini mobilitas m...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *