Masalah Pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Brebet, Ngempos dan Bergetar

Honda vario 125 PGM-Fi mesin brebet, bergetar dan tarikan loyo

Gejala masalah brebet, ngempos dan bergetar pada motor matic Honda Vario Techno 125 PGM-Fi (injeksi) sering kali melanda ketika usia pakai kendaraan sudah memasuki umur 2 sampai tahun ke 3.

Pada umumnya persoalan ini akan terasa ketika motor dipacu pada putaran bawah dan akan hilang setelah melaju pada putaran atas.

Akan tetapi meskipun demikian tentu saja kondisi motor bergetar, tarikan loyo dan mesin brebet jelas sangat mengganggu bagi pengendaranya sehingga dirasa kurang nyaman.

Solusi mengatasi Honda vario 125 PGM-Fi mesin brebet, bergetar dan tarikan loyo

Bagi anda yang selalu rutin melakukan service berkala tentu saja beragam gejala tersebut diatas dapat diminimalisir karena komponen mesin dan body selalu terpantau kondisinya.

Berikut ini beberapa penyebab timbulnya masalah pada Honda Vario 125 injeksi dan cara mengatasinya:

#1 Mesin brebet saat putaran bawah

Teknologi injeksi tidak selamanya akan sempurna meskipun ini sudah menjadi yang paling mutakhir saat ini menggantikan sistem bahan bakar karburator.

Gejala mesin brebet kerap kali masih bisa melanda motor matic injeksi apabila sudah memasuki usia pakai lebih dari 2 tahun.

Hal ini biasanya disebabkan oleh 3 komponen yaitu:

  • Filter udara kotor
  • Busi sudah soak
  • Komponen injector

Untuk filter udara dalam pemakaian 2 tahun sudah dapat dipastikan perlu dlakukan penggantian dan tidak cukup hanya dibersihkan saja.

Ini karena material filter udara sudah tersumbat oleh kerak atau debu yang menumpuk sehingga menghambat laju udara murni yang akan masuk kedalam ruang bakar sehingga proses pembakaran kurang sempurna.

Kemudian masalah pada busi yang mulai soak biasanya para mekanik masih berusaha mempertahankan dengan cara dibersihkan serta mengatur gap atau celah busi.

Akan tetapi kondisi ini tidak akan bertahan lama karena struktur busi sendiri memiliki life time sehingga ketika usia pakai sudah lebih dari 2 tahun wajar jika harus dilakukan penggantian baru agar pengapian menjadi optimal.

Harga busi untuk Honda vario 125 adalah Rp 12 ribu pada bengkel resmi AHAS. Sebaiknya simak juga ulasan mengenai masalah busi motor cepat hitam dan mati.

Tidak kalah pentingnya adalah bagian komponen injector yang mana ini berperan penting pada proses pengkabutan bahan bakar.

Biaya service pembersihan injector pada bengkel resmi dipatok kisaran Rp 25 ribu saja dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya dengan perlatan yang sesuai standart pabrikan.

#2 Motor bergetar saat melaju putaran bawah

Mengatasi Masalah Motor Matic Bergetar

Gejala motor matic bergetar adalah yang paling sering menjadi keluhan penggunanya khususnya ketika motor dipacu pada putaran bawah antara kecepatan 20 sampai 40 KM/jam.

Pada umumnya orang menganggap bahwa ini adalah ditimbulkan oleh persoalan komponen V-Belt.

Memang ada benarnya tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kondisi V-belt yang sudah mulai aus juga bisa menyebabkan laju motor matic bergetar namun pada Honda Vario 125 getaran yang timbul justru kerapkali bersumber dari bagian kopling ganda.

Kampas kopling ganda beserta mangkuk kopling yang sudah mulai kotor saat memasuki usia 2 tahun dapat memicu daya cengkeram kopling menjadi kurang maksimal.

Akibatnya putaran mesin yang ditransfer menuju puli V-belt seolah tersendat dan inilah yang menimbulkan getaran saat tarikan motor belum mencapai putaran atas.

Solusinya adalah dengan melakukan servis total pada bagian CVT meliputi pemeriksaan V-Belt, pembersihan kopling, pengecekan roller dan hanya pada bengkel resmi Honda hal ini dapat dikerjakan dengan baik.

#3 Tarikan motor ngempos dan loyo

Selanjutnya adalah persoalan tarikan Honda vario 125 yang terasa ngempos dan loyo kurang bertenaga.

Jika di analisa ini masih erat kaitannya dengan poin pertama yaitu masalah mesin brebet, yang mana juga berdampak pada tenaga motor menjadi ngempos loyo seperti kehilangan tenaga.

Akan tetapi kondisi ini jauh lebih kompleks karena hubungan antara komponen yang satu dengan lainnya saling mempengaruhi.

Apabila poin pertama di atas sudah dikerjakan, maka untuk menyempurnakan power mesin maka sebaiknya jangan pernah lupa dilakukan penyetelan klep (valve) mesin agar bisa mendapatkan kompresi yang tepat.

Perhatikan juga masalah penggantian oli mesin secara berkala karena semakin sering diganti maka kinerja mesin akan selalu terjaga.

Untuk Honda vario 125 PGM-Fi telah mengadopsi sistem pendingin air atau radiator maka apabila anda lupa memeriksa kapasitas air pendingin tentu saja hal ini cukup berbahaya.

Kekurangan air pendingin pada radiator akan menyebabkan mesin cepat panas (overheat) dan ini salah satu pemicu tenaga motor loyo, ngempos dan kurang tenaga.

Lebih fatal lagi kalau sampai kehabisan air radiator maka dampak paling ekstreem adalah pecah mesin dan blok silinder macet.

Jadi sebaik apapun anda menjaga kondisi motor matic tersebut akan lebih disarankan apabila anda mengikuti jadwal perawatan berkala sesuai dengan buku panduannya agar performa motor tetap selalu terjaga dengan baik.

Artikel Lainnya

Memeriksa Tanda Kerusakan V-Belt dan Masalah Motor Matic Bergetar Tanda V-belt rusak dan masalah keluhan motor matic menjadi bergetar memang sangat erat kaitannya sehingga perlu segara mendapatkan tindakan agar tidak...
Problem Pada Motor Matic Honda Beat Bergetar dan Tenaga Loyo Permasalahan motor matic Honda Beat terasa bergetar dan akibatnya tenaga mesin menjadi ngempos atau kurang optimal adalah gejala yang paling umum dike...
Motor Matic Yamaha: Review Spek dan Harga NMAX April 2017 Skutik Kelas Premium Kembali Yamaha telah meluncurkan sepeda motor matic terbaru sebagai unggulannya yaitu Yamaha NMAX 2017. Motor yang di desain khusus bagi biker yang me...
Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *