Mengatasi Problem Mesin Honda Scoopy Brebet dan Boros Bensin

Mengatasi Honda Scoopy Boros dan Brebet

Honda Scoopy brebet pada saat tarikan awal dan boros bensin adalah masalah yang paling umum dijumpai pada generasi motor matic yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator atau bahkan yang telah mengaplikasikan teknologi PGMFI.

Hal ini karena adanya beberapa komponen vital yang sangat berpengaruh pada kinerja mesin dan harus segera mendapatkan tindakan penanganan (service).

Mengatasi Honda Scoopy tarikan brebet dan boros bahan bakar

4 komponen atau spare part yang paling dominan menyebabkan gejala brebet pada motor matic Honda Scoopy diantaranya adalah:

  • Filter Udara
  • Busi
  • Klep
  • Stasioner Mesin

#1 Filter atau saringan udara kotor

Campuran bahan bakar yaitu bensin dengan udara segar sangat tergantung dengan kondisi filter atau saringan yang mana jika sudah terdapat banyak kotoran menempel maka aliran udara menjadi tidak normal.

Selain berakibat pada konsumsi bensin (bahan bakar) menjadi lebih boros, filter udara yang mampet akan cukup terasa pada tarikan awal mesin menjadi brebet seolah tersendat sendat.

#2 Busi sudah aus

Jangan menunggu busi sampai pada kondisi mati. Secara teknisnya komponen yang satu ini memiliki kinerja optimal pada rentang waktu tertentu (masa pakai).

Apabila sudah lama tidak mendapatkan perawatan, maka bagian kepala busi biasanya akan banyak terdapat kerak yang menumpuk yang menghambat proses penyalaan api listrik.

Usia maksimum busi paling ideal adalah setelah memasuki masa pemakaian 15 sampai 20 ribu KM hendaknya sudah diganti dengan yang baru agar kinerja mesin tetap terjaga dengan baik.

#3 Setel klep (Valve)

Perhatikan celah atau kerenggangan klep. Komponen ini sangat perlu mendapatkan perhatikan karena apabila terlalu rapat maka akan cepat terbuka dan membutuhkan timing yang lebih lama untuk menutup demikian pula sebaliknya.

Peran penting komponen klep ini untuk menjaga ruang bakar mendapatkan kompresi yang rapat (padat) sehingga tenaga hasil pembakaran lebih optimal.

#4 Setting putaran mesin (RPM) stasioner

Honda scoopy mbrebet bisa juga disebabkan oleh setelan putaran mesin yang terlalu rendah sehingga proses tarikan gas menjadi lebih dalam.

Kondisi ini akan berdampak buruk ketika putaran mesin sedang break yang mana saat itu pasokan bahan bakar dan udara dari karburator sangat minim sehingga ketika gas dibuka respon menjadi kurang cepat.

Pada Honda scoopy dengan sistem bahan bakar karburator perlu dilakukan langkah penyetelan pada idle crew dan perawatan kebersihan total karburator.

Untuk type PGMFI sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada sensor injeksi dan sensor EOT hal ini untuk memastikan standart tekanan sistem pompa bahan bakar. Simak juga ulasan lainnya tantang cara mengatasi masalah pada Honda Beat bergetar.

Artikel Lainnya

Motor Matic Yamaha: Review Spek dan Harga NMAX April 2017 Skutik Kelas Premium Kembali Yamaha telah meluncurkan sepeda motor matic terbaru sebagai unggulannya yaitu Yamaha NMAX 2017. Motor yang di desain khusus bagi biker yang me...
Masalah Yang Sering Muncul dan Terjadi Pada Motor Matic Serta Antisipasinya Apa saja masalah atau persoalan yang sering timbul dan terjadi pada motor matic dan bagaimana cara mengantisipasinya, ulasan kali ini akan membahas be...
Problem Pada Motor Matic Honda Beat Bergetar dan Tenaga Loyo Permasalahan motor matic Honda Beat terasa bergetar dan akibatnya tenaga mesin menjadi ngempos atau kurang optimal adalah gejala yang paling umum dike...
Penyebab Motor Boros Bensin Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya Apa penyebab motor menjadi boros bahan bakar (bensin) dan mesin kurang bertenaga paling sering pada matic seperti mio dan vario serta bagaimana cara m...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *