Solusi dan Cara Mengatasi Penyebab Busi Motor Cepat Rusak (Mati)

Penyebab busi motor hitam dan basah cepat rusak dan mati

Sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi atau solusi masalah pada busi motor yang cepat rusak (mati) dan apa saja penyebabnya sehingga anda bisa segera untuk mengantisipasi.

Busi memiliki fungsi sebagai komponen pengapian yang memercikkan bunga api listrik agar dapat memicu pembakaran didalam blok silinder (ruang bakar) sehingga menghasilkan tenaga.

Seringkali pengguna kendaraan bermotor melupakan tanpa melakukan perawatan berkala terhadap komponen yang satu ini sehingga baru menyadari ketika mesin sudah menunjukkan adanya gejala masalah salah satunya adalah susah hidup atau tenaga motor menjadi ngempos.

4 Masalah pemicu busi menjadi sering rusak atau cepat mati

Komponen ini sangat membutuhkan perhatian dan perawatan yang rutin karena jika busi motor rusak maka mesin anda akan mogok atau tidak bisa hidup secara normal.

Berikut ini adalah beberapa persoalan yang seringkali melanda dan memicu kerusakan busi diantaranya adalah:

#1 Kebocoran Kompresi Mesin

Bocornya kompresi mesin adalah hilangnya tekanan di ruang silinder ruang pembakaran (combustion chamber) biasanya juga menjadi penyebab busi motor hitam dan basah.

Hal ini mengakibatkan proses pembakaran menjadi kurang sempurna dan tenaga mesin yang dihasilkan menjadi tidak maksimal alias akan ngempos.

Motor yang kompresi nya tida pada akan terasa lambat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh kemudian konsumsi bahan bakar juga akan boros.

Dampak pada putaran mesin saat stasioner atau rpm  tinggi juga tidak stabil karena pembakaran tidak menent akibatnya terdapat banyak sisa pembakaran atau kerak yang menjadikan busi cepat mati.

Mengatasi permasalahan kompresi mesin bocor – Gunakan compression tester untuk ditancapkan ke lubang busi dan kemudian mesin distart untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi.

Dengan cara seperti ini anda bisa melakukan pemeriksaan apakah ada kebocoran pada kompresi mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi perbandingan kompresi standartnya.

Secara umum kompresi bocor akan membuat oli mesin juga sering habis karena masuk kedalam ruang bakar dan membuat kenalpot berasap. Untuk itu alangkah baiknya jika anda cermat dalam memilih oli mesin terbaik untuk motor agar dapat meminimalisir kerusakan.

Memperbaiki bocornya kompresi kadang memerlukan penggantian pada packing blok, seal klep dan seting kerapatan klep serta masalah pada ring pistonnya.

#2 Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Masalah berikutnya yang dapat mengakibatkan busi cepat sekali rusak adalah seting bahan bakar kurang tepat dapat berakibat hisapan bensin terlalu banyak.

Hal ini biasanya sering terjadi pada motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator.

Dalam kondisi seperti ini ruang karburator menjadi over atau banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor.

Kerak atau kotoran yang banyak menumpuk pada kepala busi dapat menimbulkan induksi sehingga pengapian terhambat inilah salah satu pemicu busi mudah hitam.

Cara mengatasi setelan bahan bakar kurang pas – Seting sistem bahan bakar karburator sangat jauh berbeda dengan sistem injeksi yang mana semua pengaturannya masih harus dilakukan secara manual.

Jadi memilih ukuran spuyer main jet dan pilot jet harus benar benar tepat beserta seting bukaan udaranya.

Kemudian posisi jarum skep juga perlu diperhatikan dengan cara mencoba satu per satu sampai ditemukan setelan putaran mesin yang pas selain membuat motor irit namun tetap bertenaga.

#3 Korsleting Pada Sistem Pengapian

Bukan tidak mungkin kejadian konsleting (hubungan singkat) ini membuat mesin motor menjadi ngadat (brebet).

Beberapa komponen pengapian yang sangat riskan terhadap masalah konsleting diantaranya adalah:

  • Spul pengapian
  • AKI
  • CDI
  • Koil

Untuk itu utamanya pada jalur pengapian harus dirawat dengan baik secara berkala untuk mendeteksi adanya kemungkinan telah mengalami masalah yang harus segera diantisipasi sebelum merembet pada komponen lainnya.

Memriksa jalur pengapian motor – Apabila ada kabel terbakar atau terlihat mengelupas maka harus segera diperbaiki.

Meskipun belum sampai terjadi konsleting, kondisi kabel yang terbuka juga dapat memicu induksi terhadap massa (body) sehingga pengapian juga tidak sempurna akibatnya busi juga yang bermasalah cepat rusak.

Setiap motor memiliki kode warna kabel yang berbeda, untuk itu simak ulasan mengenai cara membaca jalur kabel CDI untuk semua motor sebagai panduannya.

#4 Pemasangan Busi Kurang Tepat

Terakhir tindakan fatal yang dapat menjadi penyebab busi motor mudah mati adalah pemasangannya yang tidak tepat.

Kejadian ini sering dialami bagi pemilik motor yang baru mengganti busi lama dengan busi yang baru tanpa memperhatikan kekencangannya.

Untuk busi baru biasanya memiliki ring yang masih tebal sehingga seiring lamanya penggunaan dan terus menerus terkena panas maka akan terjadi perubahan struktur material.

Untuk itu pada busi baru sebaiknya sering diperiksa kekencangannya jangan sampai longgar.

Kemudian pastikan bahwa ketika memasang busi tidak sampai terjadi selip drat ini adalah yang paling berdampak fatal.

Artikel Lainnya

Penyebab Motor Boros Bensin Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya Apa penyebab motor menjadi boros bahan bakar (bensin) dan mesin kurang bertenaga paling sering pada matic seperti mio dan vario serta bagaimana cara m...
5 Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar dan Tetap Bertenaga Bagaimana cara membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar namun tetap bertenaga sudah tentu menjadi harapan banyak orang dimana saat ini mobilitas m...
Masalah Pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Brebet, Ngempos dan Bergetar Gejala masalah brebet, ngempos dan bergetar pada motor matic Honda Vario Techno 125 PGM-Fi (injeksi) sering kali melanda ketika usia pakai kendaraan s...
Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan...

1 Comment

  1. duniamotor.net

    September 16, 2017 at 9:10 pm

    Mantap bro infonya, buat teman teman yang hobi otomotif bisa main main ke duniamotor.net untuk melihat beberapa Harga Helm terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *