Tips Mencegah Bohlam Lampu Motor Yang Sering Putus

Bohlam Lampu Motor Lebih Awet Tidak Mudah Putus

Cara mencegah supaya bohlam lampu utama motor yang seringkali putus (padam) tidak menimpa pada motor kesayangan kamu, maka ulasan kali ini akan memberikan tips sederhana tentang solusi menanggulanginya.

Harga bohlam lampu motor memang banyak tersedia mulai yang murah hingga yang mahal, namun kapan komponen ini padam selalu tidak dapat diperkirakan dan bisa terjadi kapan saja bahkan ketika kamu sedang berkendara malam hari.

Apalagi setelah diberlaukannya undang undang lalu lintas bahwa kendaraan bermotor roda dua wajib menyalakan lampu disiang hari maka tentunya usia pakai bohlam menjadi lebih singkat.

2 Faktor penyebab bohlam lampu motor menjadi tidak awet

Pada umumnya bohlam lampu menjadi kurang awet disebabkan oleh 2 hal diantaranya:

Kualitas Bohlam

Untuk motor yang masih menggunakan bohlam asli bawaan motor baru dari pabrik biasanya cenderung lebih awet dibanding dengan komponen modifikasi atau spare part imitasi (bukan asli).

Kalaupun ingin menggunakan bohlam variasi, sebaiknya memilih produk yang sudah terbukti kualitasnya namun sudah pasti memiliki harga yang lebih mahal dari spare part standart.

Kerusakan Kelistrikan

Ceroboh atau suka memodifikasi sistem kelistrikan pada motor harus dilakukan dengan teliti oleh yang sudah berpengalaman.

Kesalahan menyambung atau memutus sistem kelistrikan bisa berakibat fatal selain dapat merusak battery (aki) juga masih ada resiko lainnya terhadap sirkuit lampu lampu indicator dan penerangan lainnya.

Tips menjaga agar bohlam lampu motor bisa lebih awet

Khususnya untuk motor baru keluaran di atas tahun 2015 tentu kita semua sudah tidak menemukan lagi yang namanya saklar on off untuk mengontrol hidup dan matinya lampu utama motor.

Ini juga menjadi alasan teknis bahwa usia pakai (live time) bohlam lampu menjadi relative lebih pendek akibat selalu menyala setiap kali kontak motor dihidupkan.

Sangat berbeda dengan motor jaman sebelum peraturan lalu lintas kendaraan bermotor roda 2wajib menyalakan lampu di siang hari diberlakukan. Tentu usia bohlam lampu menjadi lebih awet karena hanya digunakan pada malam hari saja.

Untuk itu, menyikapi kondisi ini ada sebuah tips yang mana bisa kita terapkan untuk memberikan sedikit perlakuan khusus pada bohlam lampu utama agar dapat mencapai livetime lebih lama.

Meskipun sudah tidak dilengkapi dengan switch on off, setidaknya lampu depan masih dikontrol dengan switch dimmer (lampu jarak jauh).

Maka dari itu alangkah baiknya jika disiang hari menggunakan dimmer yang tentunya tidak akan begitu menyilaukan untuk pengendara dari depan kecuali jika malam hari yang sudah jelas akan mengganggu kenyamanan pengendara lain.

Baca juga tips mengatasi masalah rem motor berbunyi berisik serta artikel menarik lainnya tentang tips memilih oli mesin terbaik untuk motor matic.

Artikel Lainnya

Tips Merawat Cat Motor Lebih Awet dan Tidak Mudah atau Cepat Pudar Ingin merawat penampilan cat motor anda menjadi lebih awet, tidak cepat pudar atau tidak mudah kusam memang sangat perlu penanganan special dan perlak...
Masalah Pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Brebet, Ngempos dan Bergetar Gejala masalah brebet, ngempos dan bergetar pada motor matic Honda Vario Techno 125 PGM-Fi (injeksi) sering kali melanda ketika usia pakai kendaraan s...
Membaca Jalur Kabel Soket CDI Untuk Semua Jenis Motor Cara membaca jalur kabel soket CDI untuk semua jenis motor termasuk Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki adalah merek kendaraan bermotor roda 2 yang pal...
Mengatasi Bunyi Berisik dan Berdecit Pada Rem Motor Dengan Mudah Cara mengatasi bunyi rem motor berdecit dan berisik tentunya harus menemukan sumber penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan masalahnya de...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *