Penyebab Masalah Aki Pada Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Tekor Mendadak Mati

Ganti-aki-motor-matic-tekor

Apa penyebab yang menimbulkan masalah pada aki motor matic injeksi cepat tekor dan mendadak mati? Hal ini seringkali disadari oleh pemilik ketika akan menghidupkan motornya dan tidak bisa di starter.

Untuk beberapa jenis motor matic dengan sistem injeksi terbaru kadang tidak menunjukkan tanda tanda kerusakan pada komponen penyimpan daya ini sebelum ia benar benar tekor.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa varian motor terbaru saat ini kebanyakan menerapkan lampu depan langsung menyala ketika kunci kontak diputar ON, hal ini tentunya juga cukup berpengaruh terhadap penggunaan atau konsumsi daya aki menjadi lebih boros.

Hal yang kerapkali menyebabkan aki cepat mati dan tekor

Biasanya tidak ada tanda tanda yang akan menunjukkan bahwa kondisi aki sudah lemah ataupun hampir rusak. Meskipun beberapa menit yang lalu motor matic kamu masih bisa di starter, maka apabila kemudian dimatikan selanjutnya selalu sulit sudah tidak kuat untuk memutar dynamo starter.

Bahkan seluruh lampu beserta panel indikator lainnya kadang juga tidak kuat hidup atau menyala lagi jika memang aki sudah dinyatakan tekor.

Lantas apasaja yang dapat menyebabkan usia pakai aki begitu cepat dan tidak mampu bertahan lama, berikut ulasannya:

  • Motor kurang cukup menyala dalam durasi yang panjang sehingga pengisian aki tidak optimal
  • Penggunaan aksesoris yang menguras daya aki seperti instrument lampu maupun alarm
  • Kurangnya menjaga kebersihan sel atau terminal aki sehingga memicu induksi bahkan beresiko terjadi hubungan singkat
  • Disarankan untuk pagi hari menggunakan kick starter dari pada electric starter

Baca juga ulasan terkait tentang masalah pada busi cepat hitam dan mati serta artike lainnya mengenai cara merawat motor matic injeksi dengan tepat.

Jika sudah mendapati hal yang demikian maka dapat dipastikan bahwa kamu perlu segera mengganti unit aki dengan yang baru.

Memang meskipun tanpa mengganti aki baru, mesin masih dapat dinyalakan dengan menggunakan kick starter. Akan tetapi disaat sekarang motor era teknologi injeksi, maka kebutuhan suplai listrik DC yang stabil amat sangat diperlukan. Sebab semua rangkaian elektronik sangat tergantung dengan suplai tegangan DC yang aman.

Pernah mengalami hal sperti ini? panik, kesal dan tentu saja was was akan besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaikinya? Coba kamu simak tentang cara memperbaiki aki kering yang sudah tekor, soak maupun mati dengan cara sederhana.

Bagi pengguna aki kering memang tidak terlalu repot melakukan perawatan air aki selayaknya pemakaian jenis aki basah.

Namun dari kedua jenis aki ini tetap tidak berbeda dari segi fungsionalnya yaitu menyimpan arus listrik bertegangan DC yang di charger oleh spul pengisian. Maka sebaiknya pemilik motor juga memberikan perhatian pada komponen listrik secara menyeluruh terutama memastikan bahwa tidak ada rangkaian kabel yang rusak.

Artikel Lainnya

Setting Agar Motor Matic Lebih Bertenaga Stabil Gesit dan Lincah Ingin setting atau setelan motor matic anda menjadi lebih bertenaga handling stabil larinya kencang gesit dan manuvernya lincah sudah pasti memerlukan...
Ada 8 Penyebab Masalah Motor Injeksi Boros Bahan Bakar dan Solusi Mengatasinya Motor dengan mesin injeksi seharusnya tidak boros bensin karena dengan teknologi eFi sudah cukup canggih dalam menakar suplai bahan bakar menjadi lebi...
Cara Merawat Agar Ban Motor Lebih Awet Tidak Cepat Gundul dan Licin Mengetahui bagaimana cara merawat ban motor agar lebih awet dan tidak cepat gundul atau licin mutlak sangat penting dipahami oleh semua peengguna moto...
Oli Mesin Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi Honda dan Yamaha Menggunakan oli yang terbaik untuk mesin motor matic seperti Honda Vario, Scoopy, Beat dan Yamaha Mio, Nmax, Fino ataupun type injeksi lainnya memang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *